Mitos Tentang Anting Emas Putih yang Perlu Diketahui Kebenarannya

Anting emas putih merupakan salah satu jenis perhiasan yang banyak dijual di toko perhiasan emas. Beberapa orang menganggap bahwa emas putih jauh lebih unggul dibanding dengan emas kuning biasa, karena umumnya harga emas putih lebih mahal dibanding emas kuning. Berbagai jenis perhiasan juga telah dihasilkan dari emas putih tersebut.

Namun belum semua orang berani membeli perhiasan emas putih karena masih banyak mitos yang beredar di seputar emas yang satu ini. Memang emas putih baru populer beberapa tahun belakangan, sedangkan emas kuning sudah populer sejak zaman dahulu. Orang cenderung meyakini sesuatu yang sudah akrab dengan mereka dibanding sesuatu yang baru.

Kebanyakan mitos yang beredar terkait emas putih tersebut sudah dibuktikan benar atau tidaknya. Namun masih saja ada orang yang ragu membeli perhiasan emas putih tersebut. Berikut ini kami rangkum beberapa kebenaran dibilang mitos tentang anting warna emas putih yang penting Anda ketahui. 

Anting Emas Putih Sama dengan Platina/ Platinum

Salah satu mitos yang sering beredar di tengah masyarakat tentang emas putih tersebut adalah bahwa emas putih sama dengan platina/platinum. Hal ini sepenuhnya hanyalah mitos yang sangat salah, karena platinum dengan emas putih merupakan dua jenis logam yang sangat berbeda, baik komposisi maupun bahannya.

Emas putih terbuat dari bahan campuran emas kuning dengan logam berwarna putih lain seperti perak , nikel dan palladium sehingga warna putih yang dihasilkan sangat berbeda dengan putih pada platinum. Anting emas putih berkilau layaknya perhiasan emas biasa, sehingga sangat terlihat berbeda dengan jenis emas lain.

Sedangkan platinum atau platina merupakan logam murni yang bahannya terdiri dari 95% platinum dengan campuran beberapa logam lain. Sehingga warna putih yang dihasilkan pada logam platinum tampak seperti putih ke abu – abuan alami. Bahkan hara perhiasan platinum di toko perhiasan emas jauh lebih mahal dibanding dengan perhiasan emas biasa.

Emas Putih Kurang Berkualitas

Mitos lain seputar emas putih yang sepenuhnya salah adalah anggapan bahwa emas putih kurang berkualitas. Faktanya menunjukkan bahwa kualitas emas putih sama dengan kualitas emas lain, baik itu rose gold, maupun emas kuning. Biasanya kadar emas putih mencapai 18 karat, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Saat emas putih dibentuk jadi perhiasan seperti anting emas putih keunggulannya bahkan lebih banyak dibanding jenis emas lain. Emas putih sangat serasi dipadukan dengan jenis perhiasan lain seperti berlian dan yang lainnya. Jadi Anda bisa mendapatkan anting dengan bahan dari emas putih dan berlian yang kemewahannya sangat serasi.

Bahkan nilai jual dari perhiasan emas putih juga sudah sangat tinggi di pasaran. Sudah banyak orang yang kini menjadikan perhiasan emas putih sebagai investasi karena harganya memang sangat menjanjikan. Saat awal kemunculannya memang banyak orang yang ragu membeli emas putih, tapi saat ini perhiasan emas putih sudah laris di pasaran.

Emas Putih Bisa Pudar

Salah satu fakta yang benar terkait mitos anting emas berwarna putih adalah emas putih tersebut bisa pudar. Emas putih memang bisa pudar jika digunakan dalam waktu yang panjang, namun hal tersebut sebenarnya bisa atasi dengan perawatan yang baik. Pada emas putih terdapat lapisan rhodium, yang seiring lamanya waktu akan mempengaruhi kilau dari emas putih tersebut. 

Anda perlu rutin membersihkan emas tersebut agar kualitasnya warnanya tetap berkilau dan terjaga. Jika misalnya emas putih tersebut pudar, untuk membuatnya berkilau kembali juga sangat mudah. Cukup bawa anting emas putih tersebut ke toko perhiasan emas maka lapisan rhodium akan diberikan untuk menambah kilaunya. 

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *